Rabu, 11 Juli 2012

MGMP PAI SMP Jawa Tengah Selenggarakan Bintek Lesson Study

Semarang, (11 Juli 2012) Pengurus Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMP tingkat propinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Lesson Study bagi guru-guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SMP se Jawa Tengah. Kegiatan yang bertempat di Hotel Muria Jl. Dr. Cipto Semarang ini dibuka oleh kepala Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Mapenda Kementerian Agama Drs. H. Jamun, M.Pd.I. Diikuti oleh 76 guru dari 35 kabupaten terbagi dalam dua angkatan, angkatan I dan II.



Menurut Dr. Nur Abadi, M.Pd., selaku kasi Kelembagaan Bidang Mapenda Kemenag Propinsi Jawa Tengah dalam sambutan laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Bintek Lesson Study ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru PAI SMP.

"Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan saling memberi untuk membangun masyarakat belajar. lesson study bukan metode pembelajaran atau suatu strategi pembelajaran. Lesson Study merupakan suatu kegiatan  praktik pembelajaran dari sejumlah guru dan pakar pembelajaran yang mencakup tiga tahap kegiatan; plan, do dan see", jelas Nur Abadi.

Tujuan pelaksanaan bintek lesson study adalah agar para peserta yang merupakan pengurus MGMP tingkat Kabuupaten/Kota, mengembangkan kegiatan lesson study pada guru-guru yang ada di wilayahnya. Untuk itu, melalui Pengurus MGMP tingkat propinsi, kemenag akan melakukan monitoring tindak lanjut pada tingkat MGMP kabupaten/kota.

1 komentar: